Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ACTION, Trading Seperti Samurai

Thomas Bulkowski dalam situs yang dikelolanya, thepatternsite.com merangkum intisari trading seperti seorang Samurai. Dia memberikan sejumlah tips bagaimana menjadi seorang trader yang disiplin.

Artikel itu dia tuliskan berdasarkan tulisan McCall dalam majalah Technical Analysis of Stocks & Commodities yang terbit pada Desember 1994 dengan judul, "The Warrior's Discipline of Trading."

Menurut Bulkowski, kita dapat belajar bagaimana mengatasi stress dalam trading dengan belajar bagaimana seorang Samurai maju ke medan laga.

Inilah enam tips yang dijelaskan dengan akronim ACTION.

1. Accept all possible losses before entering the battle

Seorang Samurai menerima risiko terburuknya saat bertempur adalah kematian. Dengan kesiapan menerima risiko terburuk itu, dia percaya diri maju dalam pertempuran berdarah, tanpa keraguan.

Bayangkan, seandainya kamu mengetahui kematian siap-siap menghampiri, niscaya kamu bertarung sebaik mungkin, bukan?

Dengan memahami risiko kerugian ada di depan mata saat trading, tentu kamu buat rencana trading yang baik. Itu akan membuat kita lebih percaya diri saat membuka posisi trading.

2. Center yourself in mind, body, and spirit.

Intinya, selalu dalam kesadaran yang baik. Kondisi mental dan fisik harus selaras. Salah satu tips yang diberikan adalah dengan latihan menarik napas dalam-dalam agar selalu dalam kondisi kesadaran prima. Saya ingat seorang trader kawakan mengajarkan bahwa dia melakukan meditasi untuk mendapatkan kesadaran prima itu.

3. Trust your inner skills and intuition.

Yakin pada diri sendiri, percaya kemampuan dan intuisi pribadi. Jangan terbujuk pom-pom orang lain.

4. Imagine victory clearly. 

Selalu berpikir positif. Terus belajar, perkaya pengalaman. Memang butuh waktu untuk bisa mengasah itu. Dengan latihan dan jam terbang yang baik akan terasah untuk mengenali mana posisi yang bakal menguntungkan dan mana yang bakal berakhir loss.

5. Only exist in the present to conquer fear.

Percaya diri pada tools dan skill, jangan mau dirundung fear. Fokus pada bagaimana mereaksi situasi, bukan pada kemungkinan-kemungkinan yang belum pasti.

6. Never stop a course of action once you have begun.

Trader yang sukses selalu menyelesaikan projectnya sampai akhir. Plan your trade and trade your plane. Jika ragu untuk membuka posisi, jangan lakukan order.

1 komentar untuk "ACTION, Trading Seperti Samurai"

  1. Action yang sangat bisa membantu sekali untuk para traders jika dapat dilakukan dengan baik agar dapat menjalankan kegiatan trading dengan semakin baik. Tentunya saya pun juga berusaha mengikut semua action tersebut hingga akhirnya juga bisa menjalankan kegiatan trading saya di Gainscopefx.com dengan sebaik seperti sekarang ini.

    BalasHapus